Jam Dinding Sekarang

Selamat Datang di Belajar komputer gratisssssssss......

Senin, 15 Agustus 2011

Setting MS Outlook Untuk Email Gmail

Selama ini mungkin kita terbiasa membuka email melalui browser, apakah itu internet explorer, firefox atau opera. Misalnya email yahoo dapat kita akses dengan membuka http://mail.yahoo.com atau gmail yang dapat kita akses di http://mail.google.com.

Namun selain dengan browser, kita juga bisa membuka account email kita melalui berbagai email client yang ada, antara lain outlook express, mozilla thunderbird, Eudora dan banyak lagi.

Berikut ini adalah tips bagaimana untuk mengatur agar account gmail anda bisa dibuka di microsoft outlook.
Langkah-langkah setting Gmail di Microsoft Outlook

 
1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan layanan POP di account gmail anda. Login ke account gmail anda, kemudian klik "Settings" yang terletak di sebelah kanan atas (perhatikan panah merah pada gambar). Kemudian klik pada tab "Fowarding and POP/IMAP" dan pilih "enable POP" (ada 2 pilihan, "Enable POP for all mail" dan "Enable POP for mail that arrives from now on" ). Pilihan pertama berarti anda akan mengaktifkan POP untuk semua email yang ada di inbox anda, sedangkan pilihan kedua berarti layanan POP aktif untuk email-email baru di inbox anda.



 2. Setelah layanan POP di gmail sudah aktip, langkah berikutnya adalah melakukan settingan untuk email client 
     anda.
 
Email Client yang digunakan disini adalah microsoft outlook 2003. Buka outlook anda, klik tab "Tools" dan pilih "E-mail Accounts"


Pada halaman berikutnya, seperti yang ada di bawah ini klik pada pilihan "Add new e-mail account" dan klik tombol "Next"


3. Selanjutnya akan muncul tipe server yang ingin Anda gunakan untuk account email anda. Pilih POP3 dan klik  
    "Next"

 4. Kemudian akan muncul halaman untuk pengaturan account email anda. Pada bagian "User Information"
     masukkan nama Anda yang nantinya muncul dalam setiap email yang anda kirimkan, dan juga masukkan 
     alamat email anda. Pada bagian "Logon Information" masukkan user name, yaitu alamat lengkap email 
     anda dan juga password email anda. Centang pilihan "Remember Password" bila anda tidak ingin 
     ditanyakan password setiap kali membuka email anda.


Lalu pada bagian "Server Information" pada baris "Incoming mail server (POP3)" isikan dengan pop.gmail.com sedangkan pada "Outgoing mail server" isikan dengan smtp.gmail.com seperti tampak pada gambar diatas. Setelah semua sudah terisi dengan benar, klik tombol "More Setting"

5. Pilih tab "Outgoing Server" centang pilihan "My outgoing server (SMTP) requires authentication" dan 
    pilih "Use same setting as my incoming mail server".



Kemudian pilih tab "Advanced" , masukan angka "995" pada "Incoming server (POP3)" dan "25" pada "Outgoing server (SMTP)" dan juga centang pilihan "This server requires an encrypted connection (SSL)".

centang pilihan "Leave a copy of messages on the server" bila anda menginginkan email tetap tersimpan di server walaupun anda sudah men-download-nya.
Klik "OK"

Anda akan kembali lagi ke halaman ini :



Klik "Next" dan kemudian "Finish".


Selamat mencoba !!

 
 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar