Jam Dinding Sekarang

Selamat Datang di Belajar komputer gratisssssssss......

Sabtu, 06 Agustus 2011

Pengertian Database


Tolong diralat kalau salah.....













Database adalah suatu konsep nyata, dimana sekumpulan data yang terdapat dalam database tersebut saling berhubungan dan dapat memberikan informasi yang diinginkan oleh orang berkepentingan atas data tersebut. Konsep kelompok data atau database ini sudah sangat populer sesuai dengan proses perkembangan dunia teknologi informasi saat ini.

Banyak sarana atau software untuk membuat database anda menjadi amat sangat handal dan sesuai dengan kebutuhan, sebagai contoh :

Microsoft Access, sarana atau software ini satu paket dengan  Microsoft  Office.  Access lebih sering digunakan sebab Microsoft Access mudah cara menginstallnya, selain itu untuk pengolahan database local tidak berbasis jaringan juga lebih ringan. Yah recommend untuk tahap belajar awal bolehlah menggunakan database ini.




















MS SQL Server adalah salah satu produk Relational Database Management System (RDBMS) populer saat ini. Fungsi utamanya adalah sebagai database server yang mengatur semua proses penyimpanan data dan transaksi suatu aplikasi. Popularitas SQL Server akhir-akhir ini mulai menanjak dan setara dengan pesaing terdekatnya yaitu Oracle 9i dan Oracle 10g.


Yang akan sering di bahas pada blog ini adalah SQL server 2000..










MySQL merupakan server database yang menjadi jantung dari CMS Joomla, baik Joomla 1.012 maupun versi terakhir saat artikel ini dibuat Joomla 1.58. Layout yang ditampilkan  Joomla semuanya tersimpan di server MySQL, termasuk content dari sebuah situs yang menggunakan CMS Joomla. Bahkan hampir semua CMS baik itu Drupal, Wordpress, AuraCMS, Mambo semuanya menggunakan server database MySQL.













Tidak dapat dipungkiri bahwa produk database sangat dibutuhkan dalam setiap pengembangan sistem informasi. Dengan database, setiap organisasi dapat menyimpan dan menstrukturkan data mereka dalam bentuk elektronik yang tersimpan dalam suatu mesin komputer server. Dengan semakin banyak dan beragamnya produk database yang ada di pasaran saat ini, menuntut siapa saja untuk dapat memahami keunggulan dan kekurangan dari tiap-tiap produk agar dapat memenuhi kebutuhan yang ada. Salah satu produk database server yang sangat berkualitas dan terbukti sudah banyak digunakan diseluruh dunia adalah database Oracle. Saat ini, produk database Oracle telah mencapai versi 10g (grid), yang di dalamnya mengusung teknologi terkini yaitu grid computing yang diterapkan dalam layanan database. Belum ada produk database, selain Oracle, yang mampu memberikan solusi terpadu dan komplit untuk menangani segala macam kebutuhan database.


Banyak aplikasi kebutuhan dari rutinitas sehari-hari yang bisa kita aplikasikan ke dalam database contohnya

- database kesiswaan untuk informasi siswa di sekolah.
- database kumpulan organisasi kemasyarakatan ( RT / RW )
- database perdagangan
- database klinik
- database kepegawaian

Dan lain lagi masih banyak. Nah untuk melihat bagaimana kita dapat memulai untuk mencoba mengaplikasikan suatu rutinitas-rutinitas tersebut ke dalam suatu database silahkan ikuti judul-judul lain di dalam blog ini dari menyusun yang paling mudah hingga menjadi informasi yang amat handal.

Selamat mencoba dan semoga sukses .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar