Jam Dinding Sekarang

Selamat Datang di Belajar komputer gratisssssssss......

Sabtu, 03 Maret 2012

Membuat Koneksi Database dengan ODBC

Ada beberapa cara untuk melakukan koneksi database salah satunya adalah dengan menggunakan ODBC.  ODBC merupakan singkatan dari Open Database Conectivity. Dengan menggunakan ODBC kita dapat menghubungkan sebuah aplikasi dengan sebuah database.
ODBC bisa di configure oleh pengguna sistem operasi Windows melalui control panel -> Administrative Tools -> Data Sources (ODBC).  Saat anda membuka aplikasi tersebut akan terlihat seperti berikut ini :

 

Sekarang mari kita pelajari cara membuat ODBC untuk digunakan sebagai koneksi database :
  1. Pada tab “User DSN” seperti gambar diatas pilih tombol “Add”
  2. kemudian akan mucul kotak dialog seperti berikut ini


  1. Pilih driver “Microsoft Access Driver (*.mdb)”. kita pilih driver tersebut karena database yang akan kita koneksikan adalah Microsoft Access.
  2. PIlih Tombol “Finish”. dan kemudian akan muncul dialog box seperti berikut


  1. Beri nama koneksi yang dibuat di bagian “Data Source Name” dengan nama “Aplikasi”. Mengapa kita beri nama koneksi tersebut dengan nama “Aplikasi” ? karena dibagian lain akan kita buat contoh aplikasi database dengan menggunakan koneksi ODBC dengan nama “Aplikasi”.
  2. Setelah memberi nama ODBC tersebut, pilih tombol “select ..” pada kotak dengan nama “DATABASE”.
    Setelah anda pilih tombol select maka akan muncul dilog box seperti berikut :


Pada Dialog box tersebut terdapat 2 bagian yang perlu kita perhatikan yaitu : Directories dan Database name.
Untuk “Directories” kita akan memilih lokasi database yang akan kita gunakan atau kita hubungkan dengan aplikasi. Dalam hal ini seperti yang tertera pada dialog box, Lokasi database yang terpilih adalah C:\data. Yang artinya database terletak pada folder c:\Data.
untuk “Database name” pada dialog box diatas muncul 2 nama database yaitu dbAplikasi.mdb dan dbContoh.mdb. Pilih salah satu database yang akan kita koneksikan.
jika anda memerlukan database microsoft acces untuk melakukan latihan ini silahkan download database tersebut disini : DbAplikasi.mdb (atau unduh di sini http://www.ziddu.com/download/9366487/dbAplikasi.rar.html) dan DbContoh.mdb (atau unduk disini http://www.ziddu.com/download/9366488/dbContoh.rar.html )
Kemudian pilih tombol “OK” sehingga akan muncul dialog box seperti berikut :



  1. Silahkan perhatikan perbedaan antara dialog box yang belum terisi dengan dialog box yang sudah terisi. terdapat perbedaan pada “Data Source Name” dan “Database:”
  2. PIlih “Ok” untuk mengakhiri pembuatan ODBC.
    Jika berhasil maka akan terlihat nama ODBC yang anda buat di bagian  “User Data Source”.
Semoga bermanfaat buat anda semua.

sumber : http://cavendis.blogdetik.com/2010/04/09/membuat-koneksi-database-dengan-odbc/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar